writing, sharing, expressing

Syukur yang Kadang Terlupa

Ilustrasi: tanaman di halaman rumahku. 
Pagi ini aku membaca sebuah artikel berjudul "Sering-sering Bersyukur, Hati Tenang Tubuh pun Jadi Lebih Sehat" di link ini.


Sebagian dari kutipannya:


"Otak yang stres, melihat berbagai hal melalui perspektif yang sempit, karena pusat-pusat ancamannya diaktifkan. Rasa terima kasih mendorong kita untuk mengambil perspektif yang lebih luas, yang dapat membantu penyelesaian masalah, apakah itu situasi yang sulit di tempat kerja atau masalah pribadi."


Hal sederhana. Kecil. Kadang-kadang terasa tidak penting. Syukur? Tapi membaca secara utuh artikel yang menampilkan saripati penelitian psikologis itu, memberi kesempatan untuk merenung sejenak. 


Sudahkah aku bersyukur terhadap hal apapun yang telah kuterima. Yang telah terjadi. Yang diberikan orang. Yang boleh kualami. Sudahkah?


Aku suka kutipan yang kutampilkan itu. Memang benar adanya. Saat stres, pemikiran menjadi sempit. Mudah marah. Putus asa. Hilang kesabaran.


Penjelasannya adalah ketika stres, segala hal dilihat secara sempit. Sebab pusat-pusat ancaman dalam otak sedang aktif. Apa-apa yang dirasakan dan dilihat, dianggap sebagai ancaman. Maka tak heran ketika seseorang sedang stres, mudah sekali melakukan sesuatu di luar nalar.


Sebaliknya, rasa terima kasih, rasa syukur, justru memberi ruang pemikiran yang lebih luas. Lebih sabar. Lebih bijak. Dan ini sebenarnya yang dicari. Haruskah segala sesuatu disikapi dengan emosional? Pasti tidak.


Dan sebagai manusia yang penuh kelemahan, aku terus bergumul dan belajar dengan problematika kehidupan macam ini. Ke depan semoga senantiasa diingat, bahwa rasa syukur yang kadang terlupa, selayaknya ditempatkan kembali di muka. Menjadi yang terdepan dalam kehidupan. Sekecil apapun. Sesederhana apapun.


Dan aku bersukur memulai hari ini dengan membaca artikel ini. Mari sama-sama bersyukur. Mengingatkan para sahabat yang lupa. Mengingatkan diri sendiri. 




0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah berkomentar :)

Next Posting Lama
Syukur yang Kadang Terlupa