writing, sharing, expressing

Mau Dong, Makan dengan Piring Daun

Si kecil dengan topi daunnya. Foto: Endi

Asyik bermain di hutan. Foto: Endi
HIDUP dekat dengan alam, seringkali terdengar klise dan tidak menarik. Saat ini, banyak orang mengaku cinta alam, tapi pada saat bersamaan selalu membuang sampah tidak pada tempatnya. Kontradiktif, kan?

Hidup di kota tidak melulu penuh suasana menggembirakan. Karena asalnya memang orang kampung, terkadang diperlukan keluangan waktu untuk sejenak refresing ke kampung halaman atau wilayah lain yang masih ada hutannya.

Dalam beberapa kesempatan berlibur ke kampung, selalu kucoba memperkenalkan alam kepada si kecil, melalui cara-cara yang bisa dipahaminya. Cara sederhana tentu dengan membuatkan mainan.

Suatu kali, si kecil tampak sangat senang dengan mainan baru yang menurut dia keren. Keren di sini belum tentu keren menurut ukuran orang kebanyakan.

Bagaimana tidak, mainan yang disebut keren itu hanya berupa sehelai daun lebar, kemudian ditekuk membentuk kerucut dan dikunci menggunakan lidi, sehingga menjadi sebuah topi. Dengan wajah gembira, topi itu dia kenakan dan asyiklah dia bermain-main.

Di lain waktu, saat berkunjung ke kebun karet kakeknya, kutemukan sejenis rotan besar menjuntai. Kulitnya yang berduri dibersihkan, sembari si kecil memandang kegiatan itu dengan takjub.

"Kok ada durinya ya..."

Dari rotan itu kuciptakan sebuah holahop, mainan berupa lingkaran besar. Dimainkan dengan cara memasang lingkaran itu di tengah-tengah tubuh, dan diputar dengan goyangan pinggul.

Mainan holahop yang terbuat dari plastik dan bisa dibongkar pasang banyak dijual di pusat perbelanjaan di kota besar. Tapi si kecil tak akan pernah tahu bagaimana proses membuatnya, karena semuanya urusan pabrik.

Di kebun karet ini, seuntai rotan yang harus dipotong dan dibersihkan dari durinya, bisa "disulap" menjadi holahop di depan matanya. Dia pun asyik bermain di tengah kerindangan pepohonan, sambil tertawa-tawa ceria.

Mainan itu tentu tak akan ditemui di mall, supermarket, atau toko-toko di manapun di kota besar. Itu sebabnya, kesempatan berlibur di kampung selalu dimanfaatkan untuk mengenalkan alam kepada si kecil, agar tidak tercerabut dari akar nenek moyangnya.

Saat diajak mengunjungi ladang kakek-neneknya, pondok kecil di pinggir ladang tampak indah dari kejauhan. Berada dalam pondok dan sibuk bertanya ini-itu, menjadi keasyikan tak terlupakan.

Sambil bertanya, jarinya mengarah ke tungku batu di tanah dengan arang kayu yang membara. Di tungku itu, dengan bahan bakar ranting pohon karet, kakek-neneknya memasak makanan atau merebus air. Ah, si kecil ini sejak lahir hanya tahu gas elpiji di dapur kami di kota.

Betapa hebohnya ketika dia diminta mengipas ranting karet yang dibakar, supaya cukup untuk memanaskan air untuk membuat kopi. Heboh karena kadang asap menerpa, atau kipas dari daun itu tidak cukup menghembuskan angin sehingga dia minta daun yang lebih lebar.

Di sela padi biasanya ditanam (atau tumbuh sendiri) aneka sayuran khas kampung. Mengikuti neneknya, si kecil ikut memetik beberapa buah lepang--entah apa bahasa Indonesianya, jamur kuping, dan daun singkong. Dia juga ikut membersihkan bahan sayuran itu di sebuah danau kecil buatan, sebagai penampung aliran mata air.

Usai makanan masak, saatnya makan. Beberapa helai daun simpur lebar dibentangkan di lantai pondok yang terbuat dari bilah bambu. Wow, wangi sekali nasi hangat dan sayuran kampung berpadu dengan daun segar itu. Si kecil pun makan dengan lahap, sambil terheran-heran bahwa daun itu bisa dijadikan piring.

"Asyik ya makan pakai piring daun," komentarnya.

Di halaman rumah, aku memelihara beberapa pohon peneduh. Beberapa cabangnya mirip joran pancing. Inilah salah satu bahan mainan bagi si kecil. Cabang itu kupotong, kemudian diberi tali dari benang dan pengait kecil dari ranting.

Sebagai ikan-ikannya, beberapa daun sudah dilubangi agar mudah dikaitkan menggunakan mainan pancing-pancingan itu. Dan kemudian, asyiklah si kecil dengan mainan buatan ayahnya, yang bahan-bahannya diperoleh dari halaman rumah.

Kupikir, aneka mainan dan alat dari alam sekitar, tak sekadar membawa pesan cinta alam. Tapi juga menumbuhkan kreativitas, untuk menjadikan sesuatu yang sederhana menjadi berguna. Sesuatu yang tampak biasa, diolah menjadi sedikit luar biasa.

Bagi orang yang lahir, besar, dan hidup di kampung, pengalaman-pengalaman itu mungkin sama sekali tidak ada istimewanya. Semua sudah menjadi bagian dari ritme kehidupan sehari-hari. Sesuatu yang rutin, di mana letak keistimewaannya?

Tapi bayangkan bagi sekian banyak anak-anak masa kini yang lahir, besar, dan hidup di perkotaan. Mereka, jika tanpa dorongan orangtua atau keinginan diri sendiri, tak akan pernah mengenali alam dalam bentuk yang paling sederhana sekalipun.

Maka di rumah kami, sedikit sekali jumlah mainan yang dibeli dari toko. Hanya beberapa buah boneka dan sedikit mainan lain sekadarnya. Hal ini membuat heran orang-orang yang sesekali berkunjung dari kampung: kok sedikit sekali mainan untuk si kecil?

Boleh jadi, orang menilai kami pelit. Silakan, bebas menilai. Kami berpikir, apa bagusnya mengeluarkan uang hanya untuk mainan dari mall yang hanya digunakan sebentar, kemudian rusak dan menjadi sampah?



6 komentar:

  1. Kita Butuh PEMIMPIN INDONESIA yg JUJUR & VISIONER
    Antena Tv Bagus, Antena Tv Rakitan, Antena Tv Digital
    Antena Tv Sederhana, Antena Tv yang Bagus, Antena Tv LED
    Antena Tv wajanbolic, Antena Tv UHF, antena Tv tanpa boster, cara buat antena tv
    Nonton Acara TV Indonesia, LEBIH ASYIK dengan Antena Tv Bagus Wajanbolic

    kunjungi Blog :Batik KHAS Bekasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      Hapus

  2. Assalamu alaikum wr wb.

    saya mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH KASENG yang telah menolong saya dalam kesulitan,
    Ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,
    Sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama MBAH KASENG dan dengan senang hati MBAH KASENG mau membantu saya..,
    ALHAMDULILLAH nomor yang dikasih semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubunginya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya 4D kemarin yaitu (0001)
    silahkan hubungi MBAH KASENG DI ; (0823 1434 8847) Atau Untuk Lebih Jelasnya ; >>>>KLIK DISINI<<<<




    INILAH KISAH NYATA YANG TAK BISA KAMI LUPAKAN SELAMA INI...!!!
























































































































































































































































    BalasHapus
  3. KISAH NYATA DARI SAYA BPK.KARTA BUKAN REKAYASA INI BETUL2 NYATA DIKELUARGA KAMI.
    Assalamualaikum wr.wb,saya BPK KARTA seorang buruh tani di madium jawa timur ingin mengucapka banyak terimah kasih kepada KI WARSA atas bantuan AKI. kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan KI WARSA pula yang telah memberikan angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut turut tembus.sekali lagi makasih yaa AKI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 200 ribu dan akhirnya saya menang.Berkat angka gaib hasil ritual AKI WARSA saya sudah buka usaha matreal di jakarta dan istri saya juga buka butyk baju dimall mangga dua. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI WARSA di nomor hpnya di: 0852 4968 9269 dan ramalan AKI WARSA memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin 100% tembus.
    KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET…

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. MAJUTOTO
    Silahkan datang dan daftarkan diri anda sekarang juga..
    hanya di sini JP berapapun di bayar. discount 29%/59%/66%
    Banyak Promo Menanti Anda!
    * Minimal deposit 50.000 dapatkan bonus sampai dengan 100.000
    * Bonus Next Deposit 5%

    WA : +6282272437922
    LINE : @majutoto
    LINK ALTERNATIF : Jerukpurut.com

    BalasHapus

terima kasih telah berkomentar :)

Mau Dong, Makan dengan Piring Daun