writing, sharing, expressing

Koran di Vatican dan Italia beritakan tentang Ahok

Oleh Severianus Endi, Pontianak


Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menarik perhatian media massa Vatican dan Italia. Setidaknya diketahui dua media cetak memuat berita tentang Ahok, incumbent gubernur yang bertarung kembali dalam Pilkada Jakarta Februari ini.


Padre Paskalis Nores CP, religius pasionis Indonesia kelahiran Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, yang sedang studi di Roma, mengabarkan kepada saya, berita tentang Ahok dimuat oleh setidaknya dua koran.


Koran Italia, inspirasi harian Katolik, Avvenire edisi 16 Februari menurunkan sebuah tulisan berjudul "Ahok, cinese e cristiano convince ancora Giacarta" dengan foto Ahok sedang memegang surat suara.


Menurut Paskalis, terjemahan bebas dari judul itu adalah "Ahok,  seorang keturunan Tionghoa dan Kristen mulai meyakinkan warga Jakarta".




Sedangkan koran harian di Vatican, L'osservatore Romano, 16 Februari 2017, menulis dengan judul "Appelo in Indonesia: Cattolici alle elezioni senza paura".


Menurut Paskalis, berita itu berisi tentang wakil pimpinan gereja Katolik Indonesia dalam hal ini Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) yang juga Uskup Agung Jakarta menyerukan agar umat Katolik Indonesia untuk tidak perlu takut dalam melaksanakan pemilu.


"Media itu mengutip seruan Bapa Uskup Ignasius Suharyo,  agar umat Katolik tidak perlu takut dengan berbagai intimidasi dari pihak-pihak tertentu termasuk kelompok radikalisme," kata Paskalis.


Jika Anda ingin melihat tampilan koran-koran itu, saya sertakan capture yang dikirim oleh Paskalis kepada saya. Credit foto by Padre Paskalis Nores, CP. (*)




1 komentar - Skip ke Kotak Komentar

Posting Komentar

terima kasih telah berkomentar :)

Koran di Vatican dan Italia beritakan tentang Ahok